Strada Triton HD-X, Liar Terkendali

25 Mar

Balikpapan – Tidak sekedar memperkenalkan sebagai keluarga baru dari Mitsubishi Strada Triton. PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB) juga langsung membuktikan ketangguhan dan kehandalan Strada Triton HD-X di medan off-road.

Areal Palm Hills di Balikpapan disulap menjadi track off-road yang menantang. Kota selicin Minyak (julukan Balikpapan) yang terus diguyur hujan menambah handicapnya lebih sulit.                        

“Kami ingin membuktikan Strada Triton HD-X mampu menaklukkan medan ekstrem, yang sering ditemui di pertambangan maupun perkebunan,” tegas Rizwan Alamsyah, Executive Marketing Director KTB.                  

Track berlumpur, kubangan dan turunan tajam dilibas dengan mudah oleh double cabin ini dengan mudahnya dilalui. Sebelum menjajalnya di area off-road para wartawan mendapat ketrampilan singkat cara menggunakan mobil di area off-road dari off-roader senior Harry Sanusi.  

Para jurnalis tampak antusias mengikuti kegiatan ini, pasalnya sangat jarang bisa merasakan langsung sensasi off-road dengan double cabin.                                

Berbekal mesin diesel common rail berkapasitas 2.8 liter bertenaga 97 hp dan torsi 22 Kgm. “Mesin ini tidak menggunakan turbo, kebutuhan pertambangan maupun perkebunan adalah torsi yang besar dengan putaran bawah mesin yang lebih responsif Sedangkan turbo baru didapat pada putaran mesin menengah,” jelas Rizwan.

Hari kedua, cuaca lebih bersahabat. Hujan yang pada hari pertama membuat trek yang dibuat arsitek trek offroad nasional Hary Sanusi itu jadi licin dan sangat berat, pada hari Jum’at (25/3) itu matahari justru bersinar sangat menyengat. Dampaknya, trek lebih asik untuk dinikmati dengan Mitsubishi Strada Triton HD-X yang baru diperkenalkan itu.

Saya yang mencoba dalam beberapa putaran (panitia hanya member jatah satu putaran untuk satu media, Red), masih merasa belum puas. Sebab di beberapa bagian trek yang lumayan berat, saya merasakan Triton HD-X ini melibasnya tidak perlu dengan tenaga yang berlebih. Bahkan di beberapa tanjakan yang relative tajam, Triton HD-X merayapinya tanpa perlu menekan pedal gas.

Saat melibas trek yang licinpun, body kendaraan tetap pada jalurnya. Kendaraan baru menari saat pedal akselerator ditekan. Disinilah saya merasakan keliaran mesin diesel fuel injection berkapasitas 2800 cc yang sangat liar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: