Honda Brio Resmi Di Thailand

11 Mar

Bangkok – Sesuai janjinya, Honda Automobile Thailand akan meluncurkan mobil Honda paling murah untuk pasar Thailand pada Maret 2011, tepatnya tanggal 17. Perayaan model baru ini akan dilakukan di Royal Paragon Hall, Siam Paragon, dan Honda Thailand akan menggunakan dua bintang asal Thailand sebagai ambassador Brio. Jika sudah diluncurkan di Thailand sebagai basis produksi, berarti Honda Brio diperkirakan tidak akan lama lagi masuk ke pasar Indonesia.

Sayangnya, pihak PT Honda Prospect Motor, ATPM Honda di Indonesia, masih belum mau memberikan konfirmasi kapan Honda Brio akan dijual di Indonesia. Namun, redaksi memprediksi kemungkinan besar Honda Brio akan lahir pada saat Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 yang berlangsung Juli 2011 di Jakarta International Expo, Kemayoran.

Brio akan menjadi senjata baru Honda di segmen mobil kecil atau A-segment. Meski belum jelas akan menggunakan mesin apa, media di Thailand menyebutkan Brio akan menjadi kompetitor Nissan March, tapi dengan dimensi lebih kecil. Ini berarti, Brio akan mengusung mesin berkapasitas 1.2 liter 3-silinder. Brio berdimensi panjang hanya 3,610 mm, lebar 1,680 mm, dan tinggi 1,475 mm, sehingga cocok sebagai kendaraan city car kaum urban di perkotaan. Uniknya, Brio dilabur warna hijau untuk menyampaikan pesan bahwa mobil ini sangat ramah lingkungan dan irit bahan bakar.

Honda mengklaim konsumsi bahan bakar Brio sanggup mencapai 20 km/liter dan sudah memenuhi standar eco-car di Thailand. “Inovasi Honda untuk berbagi kebahagiaan dibuktikan dengan kehadiran Brio untuk dikenalkan di Thailand, India, dan negara Asean lainnya. Mobil kecil yang compact dan efisien ini memang diciptakan dari potensi pasar otomotif di kawasan Asia,” tukas Takanobu Ito, President & CEO Honda Motor Co saat membuka selubung Brio di Jepang beberapa bulan lalu.

Brio yang akan ditampilkan di Thailand dikembangkan dengan teknologi terkini dengan konsep ‘Man Maximum, Machine Minimum’. Artinya Honda mencoba memaksimalkan kelegaan ruang untuk para penumpangnya dengan meminimalkan desain komponen di dalamnya. Diberitakan, mobil compact ini akan dijual seharga 400.000 Baht atau jika dirupiahkan sekitar Rp 120 juta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: