Februari Toyota Makin Kuat

6 Mar

Jakarta (6/03) – Pasar Otomotif tanah air masih terus menggeliat. Meski didera berbagai isu seperti kenaikan pajak dan pembatasan subsidi BBM, belum terlihat tanda-tanda penurunan angka penjualan.  Hal ini juga dialami oleh PT. Toyota-Astra Motor, ”Penjualan kami di semua segmen masih terus meningkat secara signifikan, termasuk  untuk kendaraan komersial,” kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan.

Dalam dua bulan terakhir atau sampai akhir Februari 2011, Toyota telah berhasil menjual 51.915 (penjualan ritel) unit kendaraan berbagai tipe atau naik sekitar 28% dibandingkan penjualan periode yang sama pada tahun lalu.  ”Ini membuktikan bahwa di tengah persaingan yang semakin ketat, produk Toyota tetap menjadi pilihan konsumen. Capaian ini makin mendorong kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen Toyota”, ujar Johnny.

Di pasar kendaraan komersial,  Toyota yang diwakili oleh Hilux dan Dyna berhasil mencatat pertumbuhan penjualan yang signifikan seiring dengan semakin kondusif nya kondisi pertumbuhan perekonomian tanah air. Februari lalu, Toyota Hilux berhasil membukukan penjualan ritel sebesar 597 unit naik 45% dibandingkan bulan sebelumnya. Tak mau ketinggalan Toyota Dyna juga mengalami peningkatan sebesar 10% dibandingkan bulan sebelumnya dengan penjualan ritel sebanyak 1.980 unit.

Menurut Johnny keberhasilan produk-produk komersial Toyota memperlihatkan performa yang menawan memberi indikasi bahwa sektor industri tanah air tengah mengalami pengembangan, ”kami bersyukur dapat memberikan kontribusi pada perkembangan industri Indonesia melalui produk-produk Toyota”

Produk-produk Sedan Toyota juga memperlihatkan performa yang meningkat apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dimana Toyota Vios (bersama Limo) berhasil mencetak angka penjualan ritel sebesar 1.147 unit dan menjadi kontributor terbanyak untuk penjualan sedan Toyota. Secara Total produk-produk sedan Toyota berhasil mencetak penjualan retail sebesar 1.546 unit atau meningkat kurang lebih 38% dari bulan sebelumnya.

 Secara total pencapaian penjualan ritel Toyota selama bulan Februari 2011 berhasil mencapai angka 25.560 unit, dengan kontribusi terbesar masih datang dari Toyota Avanza yang berhasil mencetak angka penjualan retail sebesar 13.999 unit dan Toyota Kijang innova dengan 4.205 unit selama bulan Februari 2011.

Johnny yakin, jika iklim perekonomian nasional yang kondusif seperti saat ini seperti salah satunya dengan target pemerintah pada pertumbuhan di atas 6% bisa dipertahankan sepanjang 2011, pasar otomotif nasional dapat mengalami pertumbuhan yang pesat sehingga kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi nasional maupun pendapatan negara juga akan semakin signifikan. ”apabila pertumbuhan ekonomi nasional dapat dipertahankan, hal ini dapat memacu kinerja industri otomotif secara signifikan,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: